selamat datang

kunjungan anda sangat berarti bagi saya apalagi jika berkomentar dan memberi masukan..pun disini tempat wahana komunikasi dan sarana bertukar pikiran..
terima kasih atas kunjungannya

Tentang Saya

Foto saya
makassar, sul-sel, Indonesia
teman adalah orng yg dpt membuat kita menangis terharu bukan yg bisa membuat kita tertawa terbahak-bahak

17 Februari 2009

Bintang di Langit, Cahaya di Hati

Ada ungkapan Immanuel Kant didlm Critique of Practical Reason yg menarik untuk direnungkan. Katanya..ada dua hal yg mengisi pikiran kita dengan kekaguman dan kemasgulan yg selalu bertambah besar,jika kita semakin sering memikirkannya,yaitu langit yg penuh bintang diatas dan hukum moral didlm hati nurani.

Bintang dilangit memberikan gairah dan cahaya pada intelek untuk merenungkan kebesaran dan keindahan alam raya,sedangkan hati nurani memberikan cahaya untuk menjalani hidup yg bermoral, yg membedakan dunia manusia dari dunia binatang. Kalau sj kehidupan didunia ini didominasi oleh naluri hewani dan tidak mengenal mahkamah Ilahi, maka betapa absurb dan konyolnya drama kehidupan manusia ini.

Cat...
2 tulisan terakhir ini sy kutip dari sebuah buku (best seller) yg sangat menarik bagi saya dimn buku itu mampu mengubah ketakutan kita akan maut menjd optimisme karena kematian bukanlah sesuatu yg mengerikan, perlu diketahui substansi kematian adalah sama dengan pulang kampung yaitu kampung Ilahi dimn kampung itu ada 2 yaitu surga dan neraka tinggal kita mau memilih yg mana ? tergantung bagaimana menjalani kehidupan semasa hidup dibumi, pun buku ini menjdkan hidup kita lebih bermakna manakala kita beri makna...
Tapi benarkah hidup ini bermakna ? dlm pandangan hedonisme hidup dikatakan bermakna selama memberikan kenyamanan dan kenikmatan, maksudnya kenyamanan & kenikmatan ini bersifat fisical sj... Subhanaallah (apakah anda termasuk kaum hedonis ?)
pandangan kaum hedonis ini jelas tidak sejalan dgn ajaran agama....bagaimn menurut anda ?

Tidak ada komentar: